Minggu, 18 Agustus 2013

ASME B31.CODE PRESSURE DESIGN



Di Amerika Serikat sendiri, code yang dipakai untuk keperluan disain dan konstruksi piping system yang bertekanan (pressure piping) adalah ASME B31 Pressure Piping Code. ASME B31 Pressure Piping code meliputi piping system yang mempunyai tekanan operasi mulai dari tekanan vakum sampai diatas tekanan atmosfir.
ASME B31 Code terdiri atas sejumlah “section” yang berdiri sendiri dan diterbitkan juga secara terpisah. Namun kesemuanya tetaplah berada dibawah naungan dan arahan dari ASME Commitee B31 Code for Pressure Piping, yaitu sebagai berikut:

ASME B31.1 Power Piping: Adalah untuk sistim pemipaan yang sering ditemukan pada pembangkit tenaga listrik, pemanasan dengan menggunakan sistemn geothermal, maupun pemanasan central dan sistim pendingin.
ASME B31.3 Process Piping: : Adalah untuk sistim pemipaan yang banyak kita temukan di Pabrik petrokimia, kilang minyak, pabrik kimia, pharmaceutical, tekstil, kertas, semi-konduktor, cryogenic plant, utility di process plant, terminal penampungan minyak dan gas alam, pabrik pemrosesan bahan makanan dan lainnya. Memang harus diakui B31.3 adalah code yang sangat luas pemakaiannya.
ASME B31.4 Pipeline Transportation System for Liquid Hydrocarbons and other Liquids: Banyak ditemukan pada sistim pipeline yang menghantarkan fluida yang umumnya dalam bentuk cair dari sebuah Pabrik ke sebuah terminal, maupun didalam terminal itu sendiri.
ASME B31.5 Refrigeration Piping: : yaitu untuk sistim pipa yang digunakan pada sistim pendingin baik untuk refrigerant maupun untuk secondary.
ASME B31.8 Gas Transportation and Distribution Piping Systems: : adalah untuk sistim pipeline yang menghantarkan suatu produk yang umumnya adalah berbentuk gas, mulai dari tempat dia ditemukan sampai ke pabrik pengolahannya, termasuk diarea kompresor, maupun diarea “metering stations”.
ASME B31.9 Building Services Piping: Ini adalah khusus untuk sistim pemipaan yang sering kita lihat di gedung-gedung bertingkat baik milik umum maupun industri, dan juga komplek perumahan yang bertingkat banyak.
ASME B31.11 Slurry Transportation Piping System: : Yaitu sistim pipa yang menghantarkan suatu cairan yang banyak mengandung komponen padat dari suatu pabrik atau terminal ke pabrik atau terminal lainnya. Juga termasuk didalamnya adalah sistim pipa yang berada didalam pabrik atau terminal tersebut.
Adalah merupakan tugas dan tanggung jawab dari pemilik suatu proyek atau “owner” untuk memutuskan Code section mana yang akan digunakan pada proyek milik mereka.
Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan didalam menentukan code section mana yang akan digunakan, yaitu:
 Keterbatasan dari Code section
 Persyaratan Hukum dimana akan digunakan
 Kemungkinan adanya Code dan Standard yang lain yang juga harus dipenuhi.

Jadi, dengan demikian, jelas lah bahwa ASME B31 Code bukanlah sebuah buku petunjuk yang memberikan informasi secara detil akan sebuah pekerjaan. Tetapi, ASME B31 code hanyalah memberikan petunjuk akan persyaratan minimum untuk instalasi pipa sesuai dengan peruntukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar