Jumat, 10 September 2010

Di Kaltim Distribusi Elpiji akan Pakai Sistem Pipa

Penyaluran elpiji di Kalimantan Timur (Kaltim) rencananya mengunakan sistem pemipaan, untuk mengatasi masalah penyaluran dan kelangkaan elpiji karena distribusi elpiji saat ini masih menggunakan tabung.

"Penyaluran elpiji akan diubah menggunakan pipa-pipa yang dihubungkan ke tiap-tiap rumah konsumen," kata Kepala Bagian Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Balikpapan Mulya Dharma di Balikpapan, Jumat.

"Dalam merealisasikan hal itu, satu tim dari Badan Pengelola Minyak Dan Gas (BP Migas) Pusat telah diturunkan sejak sepekan lalu. Tim itu bertujuan menyurvei kondisi wilayah Kaltim sebelum rencana tersebut direalisasikan," ujarnya.

Penyaluran gas melalui pipa ke rumah warga atau disebut pemipaan gas rumah tangga, direncanakan dilakukan di empat kota di Kaltim yakni Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Tarakan.

Namun Mulya belum menyebutkan kapan rencana tersebut dilaksanakan, pasalnya untuk merealisasikan membutuhkan kajian mendalam di antaranya dari segi keamanan.

"Penyaluran gas dengan pipaisasi bukan yang pertama dilakukan di Indonesia, karena di beberapa perumahan mewah di kota besar sudah menerapkannya. Setelah tim yang pertama itu selesai melakukan survei, maka sejumlah tim lain akan kembali diturunkan untuk terus menindaklanjuti rencana tersebut," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar